Musim liburan sekolah dimanfaatkan Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga (Disparbudpora) Magetan untuk menggenjot kunjungan wisatawan Telaga Sarangan. Selama satu minggu,beragam acara menarik digelar di objek wisata ikon Magetan ini.’Kami siapkan acara ini memang khusus untuk musim liburan,’terang Mariyati, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata,Disparbudpora, kemarin(5/7).

Dikatakan,sejak liburan sekolah mulai akhir bulan Juni lalu,jumlah kunjungan wisatawan ke Sarangan mengalami peningkatan. Hari ini(6/7),di telaga berhawa sejuk ini ada fashion show. Kemudian,Disparbudpora juga menggelar lomba mewarnai dan festival band.’Yang kami bidik semua segmen masyarakat.Anak-anak,pelajar hingga masyarakat umum,’terang Mariyati.

Puncaknya,di Sarangan akan digelar labuh sesaji atau bersih desa pada hari Minggu(11/7)mendatang.Kegiatan rutin tahunan ini,menurut Mariyati,diharapkan mampu menyedot jumlah wisatawan lokal,baik dari eks-Karesidenan Madiun,maupun dari wilayah Jawa Tengah.’Pengalaman tahun-tahun sebelumnya,setiap labuh sesaji pasti ramai.Bahkan,cenderung membeludak,’kata dia.

Dengan beragam acara ini, diharapkan pendapatan asli daerah (PAD) dari objek wisata Sarangan bisa menembus Rp 1,5 miliar di tahun 2010.’Jumlah kunjungan akan meningkat bila ditunjang dengan hiburan. Karena itu, Disparbupora memiliki sejumlah agenda kegiatan untuk menggebyarkan Sarangan.’(rif/isd)

radaramadiun