Proyek jalan tembus Sarangan-Cemorosewu terus dikebut. Proyek yang menghubungkan Kabupaten Magetan (JawaTimur) dan Karanganyar (Jawa Tengah) itu, kini tinggal pengerjaan pengaspalan. ”Sekarang proses finishing.Tinggal pekerjaan pelapisan jalan dengan hotmix,”kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkab Magetan ,Samuri, kepada koran ini,kemarin(18/5).
Targetnya, proyek jalan tembus pada bentang Sarangan akan selesai dan dibuka untuk umum pada pertengahan tahun 2010 ini.”Kalau jalan tembus ini dibuka,ada banyak aspek keuntungan yang akan diterima Magetan,” terang Samuri.

Dikatakan,proses pembangunan jembatan di jalan tembus memang memakan waktu cukup lama.Namun,pekerjaan tersebut sudah selesai.”Sekarang yang diaspal tinggal sekitar satu kilometer,”ujar Samuri.

Proyek jalan tembus itu panjangnya 10,7 kilometer. Dan,yang menjadi tanggungan Pemkab Magetan sepanjang 5,3 kilometer.”Untuk yang bentang Karanganyar,kami belum tahu.Apakah sudah jadi atau bagaimana,”ujarnya.

Jalan tembus tersebut dibangun mulai tahun 2001 sampai tahun 2008.Selama itu,telah dikeluarkan anggaran mencapai Rp56,1miliar.Diperkirakan dibutuhkan dana sebesar Rp16,4miliar lagi untuk menyelesaikan bagian jalan yang belum rampung.

Pembangunan jalan yang melintas di kawasan hutan pinus milik KPH Lawu Ds tersebut sangat penting artinya bagi wilayah Magetan dan Karanganyar.”Kalau jalan tembus selesai,perjalanan ke Jawa Tengah tidak perlu lewat Mantingan dan bisa menghemat waktu dua hingga tiga jam,”terang Samuri.(rif/isd) (mbak sri)

radarmadiun