Legenda Desa Sukowinangun Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan

Kota Magetan – Hari ini saya akan berbagi cerita tentang Legenda Desa Sukowinangun Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.
Desa Sukowinangun adalah salah satu nama desa atau kelurahan di Kabupaten Magetan.  kantor Kelurahan Sukowinangun tepatnya berada  di jalan Kunti no 3 Magetan, atau selatan pasar sayur magetan. Desa Sukowinangun menurut pemerintahan namanya adalah Kelurahan Sukowinangun, Kecamatan Magetan Provinsi Jawa Timur.
Kalau anda berada di Pasar Baru Magetan untuk menuju Kelurahan Sukowinangun anda harus menuju ke utara kurang lebih 1 kilometer, sedangkan kalau anda berada di Rumah Sakit Magetan, untuk menuju tempat ini anda berjalan ke utara kurang lebih 1 kilometer. Namun jika anda sedang berada di Terminal Magetan, untuk menuju tempat ini anda berjalan ke arah selatan kurang lebih 2 kilometer
Dahulu  Desa Sukowinangun terdiri dari dua kelurahan atau dua desa, yaitu:
  1. Kelurahan Bangun Kepala desanya Karyodimejo, mempunyai dukuhan Mlangi.
  2. Kelurahan Clelek, kepala desanya Hirodikromo, mempunyai dukuh Bantengan dan Sobontoro
  3. Ditambah dukuh Banjarmlati, asalnya dari Desa Kebonagung.

Adapun dukuh-dukuh tersebut mempunyai cerita-cerita sendiri, adapun cerita yang ane peroleh seperti di bawah ini:

Dukuh Mlangi
Pada tahun 1860 di daerah ini ada pendatang bernama Kyai Mlangi, mereka sebagai guru ngaji yang mengajarkan soal pendidikan agama islam, khususnya membaca Al Qur’an. Di tempat ini Kyai Mlagi mendirikan langgar, Masjid dan tempat pendidikan agama yang lainnya. Nah pada akhirnya karena jasa beliau tempat ini di namakan Dukuh Mlangi. Kyai Mlangi setelah meninggal juga di makamkan di dukuh Mlangi.
Dukuh Clelek
Konon dahulu kala di daerah ini ada seorang buronan yang di cari pemerintah. Disini buronan tersebut bingung karena dikejar-kejar terus oleh pemerintah. Buronan ini karenan bingung, ia tampak “clela-clele” dan mondar mandir kesana dan kemari. Atas kesepakatan masyarakat setempat, akhirnya daerah ini dinamakan dukuh CLELEK.
Dukuh Bantengan
Pada tahun 1855 ada seekor banteng yang mengamuk didaerah tersebut. Banteng itu dapat di pegang dan di jinakkan oleh seseorang di tempat ini. Akhirnya tempat ini dinamakan dukuh Bantengan.
Dukuh Sobontoro
Pada tahun 1855 ada seorang Kyai datang dari Jawa Tengah. Kyai tersebut bernama Kyai Sobontoro. Di tempat ini beliau mengajarkan dan menyiarkan agama. Dan kesekian lama beliau mengajarkan agama dan bahkan tempat ini menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam akhirnya atas kesepakatan bersama tempat ini di namakan dukuh SOBONTORO.
Dukuh Banjarmlati
Pada tahun 1865 ada seorang pendatang dari kraton Surakarta. Pendatang tersebut mempunyai keahlian di bidang pertanian. Orang tersebut selalu membawa keris pusaka yang di beri ronce. Sarung pusakanya amat bagus, dan banyak orang yang tertarik untuk memilikinya. Setelah meninggal pendatang tersebut di makamkan di tempat ini, dan makamnya dirawat dengan baik oleh penduduk setempat, karena pendatang itu sangat berjasa terhadap penduduk setempat. kemudian daerah ini di namakan dukuh BANJARMLATI. Makam orang tersebut dinamakan punden Selurung dan menjadi pundennya orang-orang Banjarmlati.
Pada tahun 1901 dukuh-dukuh tersebut di atas di susut. dukuh bangun dan Clelek di jadikan menjadi satu desa, dan di tambah dukuh Banjarmlati. Dukuh gabungan ini dinamakan Desa Sukowinangun.
Sekian Legenda Desa Sukowinangun Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. saya tulis yang berdasarkan sumber dari buku asal usul desa yang di susun oleh Drs Soetarjono sebagai buku referensi perpustakaan Daerah Magetan.
Tagged with:     ,

About the author /


Nyawiji Ambangun Bumi Mageti. Blog di http://www.kabupatenmagetan.com.

4 Comments

  1. Sundul

    Cerita yang lumayan komplit. Support untuk Kota Magetan

  2. Andik Rasida

    Mantap cerita atau kisahnya, di tunggu postingan selanjutnya!

  3. Andik Rasida

    Mantap ceritanya, dan di tunggu posingan selanjutnya!

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info Kerajinan

Kerajinan Bambu Ringinagung
Posted in: Info Kerajinan

Kerajinan Bambu ini juga merupakan satu dari beberapa kerajinan yang ada di kota magetan, seperti kerajinan kulit dan batik sidomukti. Sentra Kerajinan Bambu ini terletak di Desa Ringin Agung, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Ketika kita melewati jalan aspal menuju desa ringin agung ini, nampak di sebelah kanan kiri jalan banyak kerajinan bambu yang sedang dijemur […]

Read More

Info Hotel dan Villa

Info Lowongan Kerja

Lowongan Kerja Staff Marketing di Koperasi
Posted in: Lowongan Pekerjaan

Lowongan kerja di Magetan. Dibutuhkan Staff marketing dan Kolektor untuk wilayah kabupaten magetan. Dengan syarat sebagai berikut : Jujur dan disiplin Pria Minimal Pendidikan SMU/Sederajat Punya motor sendiri dan SIM C Usia maksimal 35 tahun Fasilitas : Gaji Pokok Bonus Jenjnag Karir Dll Bagi anda yang tertarik dan sesuai dengan persyaratan diatas silahkan kirim surat […]

Read More