Pegawai negeri sipil (PNS) di Magetan sekarang tidak harus antre saat mengambil gaji.Itu setelah pemkab kerja sama dengan Bank Jatim meluncurkan kartu pegawai elektrik (KPE). Alat itu juga bisa digunakan untuk membayar tagihan telepon dan listrik. Uji coba kali pertama pengambilan uang melalui KPE dilakukan oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) H.Abdul Azis dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Suko Winardi usai upacara Hari Jadi Magetan.
‘Satu kartu multifungsi.Bisa jadi ATM di anjungan semua bank.Sangat efisien di zaman serba teknologi ini,’ujar Pemimpin Cabang Bank Jatim Magetan, Malakin,kepada koran ini,kemarin(13/10). Menurut dia,peluncuran KPE di Magetan ini,bisa jadi yang pertama di wilayah eks-Karesidenan Madiun.Sampai saat ini,dari sekitar 11.600 PNS,KPE yang sudah jadi dan bisa digunakan kira-kira ada 10.000 kartu.

Sedangkan sisanya yang sebanyak 1.600 kartu,masih masuk waiting list(daftar tunggu).’Setiap tanggal 1, pegawai bisa mengecek langsung ke ATM.Apakah sudah gajian apa belum.Akan bisa langsung diketahui,’ terang Malakin. Sekkab Abdul Azis yang mencoba langsung pun merasakan kemudahan dari penggunaan KPE tersebut.Hal tersebut dibuktikan ketika mantan kepala BKD itu menggesek kartunya di mobil Bank Jatim.

‘Saldo langsung bisa diketahui.Kartu ini juga bisa berfungsi sebagai kartu Taspen dan jaminan Askes.Jadi ketika di berobat di rumah sakit langsung saja tunjukkan kartu,’papar Sekkab.(rif/isd)

radarmadiun