Pilkades Maju,Langgar Aturan

Rencana Pemkab Magetan memajukan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak dikhawatirkan akan memantik keresahan. Pasalnya, calon kades terpilih harus menunggu satu tahun lebih untuk dilantik. ‘Dengan jangka waktu menunggu satu tahun,tingkat kerawanannya sangat tinggi,’kata Kades Ronowijayan, Kecamatan Maospati, Hermanto, kemarin(16/3).
Sekadar diketahui,Pemkab Magetan memang telah berancang-ancang menggelar pilkades serentak. Pasalnya,sebanyak 184 kades akan habis masa jabatannya pada Mei 2013 mendatang.Hanya informasinya,pilkades digelar pada bulan Desember 2011 nanti.

Hermanto mengungkapkan,dalam beberapa kali forum sosialisasi,wacana pilkades serentak Desember 2011 mendatang sudah digelindingkan.Sehingga,kata dia,di tingkat pemerintahan desa masalah ini memunculkan berbagai persepsi.’Jangan sampai dipaksakan pilkades serentak tahun 2011.Karena dampak setelah pilkades bisa memunculkan kerawanan,’ujarnya mengingatkan.

Selain itu,memajukan jadwal pilkades yang hampir satu tahun ini juga tidak sesuai dengan Undang-undang No 32 tahun 2004 tentang desa.Yakni,pilkades bisa dimajukan enam bulan sebelum masa jabatan habis.’Perda (peraturan daerah,Red.)juga mengatur demikian,’jelas dia.

Dia berharap Asosiasi Kepala Desa(AKD)segera melangkah guna menjembatani kepentingan desa dan pemerintah daerah.Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa (Pemdes)Eko Muryanto mengatakan wacana pilkades serentak tahun 2011 masih dalam pengkajian.’Ini masih wacana dan dikaji oleh tim.Jadi belum final,’terang Eko pada koran ini.

Dia mengatakan,tahun 2013 ada beberapa hajatan demokrasi.Yakni,pemilihan kepala daerah(pilkada)dan pemilihan gubernur(pilgub).Jika memaksakan diri digelar pada tahun 2013,tentu tidak bagus bagi kondisi keamanan dan politik di Magetan.

‘Kami sedang membuat sebuah kajian.Teman-teman kades jangan termakan isu yang tidak-tidak.Sebab,ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan,’ujar dia.

Namun,kata Eko,pemkab akan mengambil kebijakan sesuai Undang-Undang No 32 tahun 2004 dan Perda Pilkades. ‘Yang jelas,sesuai amanat undang-undang dan perda, pilkades bisa diproses enam bulan sebelumnya.’(rif/sad)

radarmadiun

Tagged with:     ,

About the author /


Lebih baik berbuat sesuatu yang bermanfaat meski itu kecil, daripada cuma bisa ngomong atau diam saja. Profil : Google + Komunitas Blogger Magetan

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info Kerajinan

Kerajinan Bambu Ringinagung
Posted in: Info Kerajinan

Kerajinan Bambu ini juga merupakan satu dari beberapa kerajinan yang ada di kota magetan, seperti kerajinan kulit dan batik sidomukti. Sentra Kerajinan Bambu ini terletak di Desa Ringin Agung, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Ketika kita melewati jalan aspal menuju desa ringin agung ini, nampak di sebelah kanan kiri jalan banyak kerajinan bambu yang sedang dijemur […]

Read More

Info Hotel dan Villa

Info Lowongan Kerja

Lowongan Kerja Staff Marketing di Koperasi
Posted in: Lowongan Pekerjaan

Lowongan kerja di Magetan. Dibutuhkan Staff marketing dan Kolektor untuk wilayah kabupaten magetan. Dengan syarat sebagai berikut : Jujur dan disiplin Pria Minimal Pendidikan SMU/Sederajat Punya motor sendiri dan SIM C Usia maksimal 35 tahun Fasilitas : Gaji Pokok Bonus Jenjnag Karir Dll Bagi anda yang tertarik dan sesuai dengan persyaratan diatas silahkan kirim surat […]

Read More