artikel

PR Dari Benteng Pedhem Club Ngawi

Alhamdulilah akirnya hari ini PR dari BPC yang bermarkas di kotangawi.com sudah terselesaikan. PR yang ini tidak ada hubungannya dengan PRnya Google. Ada 6 PR yang harus dijawab, wah iki kudu sinau kelompok disik dengan blogger-blogger magetan lainnya supaya PR ini segera terjawab. Dan berikut hasil sinau kelompok dari PSC untuk PR yang diberikan oleh Benteng Pendhem Club Ngawi.

Wisata budaya apa yang ada didaerah kamu ?

njawab :

Wisata budaya yang paling terkenal di Magetan dan rutin di adakan setiap tahunnya adalah Ledhug Suro dan Larung Sesaji Telaga Sarangan

Ceritakan singkat tentang wisata budaya tersebut ?

njawab :

Larung Sesaji Telaga Sarangan

image from : http://disparbudpora.magetankab.go.id

Tradisi Larung Tumpeng ini diadakan rutin setiap tahun setiap bulan ruwah (jawa)dengan prosesi utama larung tumpeng ke telaga sarangan. Prosesi larung sesaji diawali dengan kirab Tumpeng Gono Bahu dari Kelurahan Sarangan menuju panggung di pinggir Telaga Sarangan.Iring-iringan kirab diawali dengan rombongan Drum Band, barisan Putri Domas, Prajurit, pasukan berkuda, Sesaji Hasil Bumi, kemudian Tumpeng Gono Bahu. ”Tumpeng raksasa setinggi 2,5 meter ini menghabiskan beras sebanyak 50 Kg. Tumpeng ini diarak mengelilingi telaga. Semua petugas yang mengawalnya mengenakan pakaian adat. Larung sesaji ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.Upacara tradisional larung sesaji ini juga menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke telaga sarangan untuk menyaksikan secara langsung upacara ini.

Ledhug Suro

magetan

magetan

magetan
Ledhug Suro juga merupakan acara tahunan yang diselenggarakn di Kabupaten Magetan dalam rangka peringatan 1 Muharam dan tahun baru saka yang dilaksanakan setiap bulan suro. Peringatan Ledhug Suro ini dipusatkan di Alun-alun Kota Magetan. Acara ini sangat unik karena untuk menarik pengunjung agar datang, dibuatlah sebuah “Ledhug”yaitu Lesung Suro dan Bedug Muharam (Ledhug) yang terbuat dari kue bolu. Kegiatan ini dilakukan selama seminggu sebelum tahun baru jawa dan tahun baru Islam dengan di isi berbagai lomba seperti lomba lesung bedhug yang pesertanya adalah seluruh instansi dan kecamatan. Selain itu juga ada hiburan rakyat tari tradisional jalak lawu, wayang kulit dll. Dan sebagai acara penutup adalah kirap yang membawa roti bolu rahayu, cara ini juga sering disebut andum berkah bolu rahayu. Acara ini dilakukan di alun-alun magetan. Alun-alun penuh dengan masyarakat yang ingin menyaksikan acara ini dan juga untuk mendapatkan (royokan) bolu rahayu tersebut karena menurut cerita siapa yang didalam kegiatan ledhug suro bsai memperoleh bolu rahayu akan mendapatkan berkah.

magetan

Makanan paling direkomendasikan didaerah kamu ?

njawab : Tepo Tahu Magetan
tepo tahu magetan

Kenapa makanan tersebut sangat rekomendasi ?

njawab : Kalau anda datang ke magetan pada saat malam hari kurang pas rasanya kalau anda tidak mencicipi tepo tahu magetan ini. Hampir di setiap pinggir jalan ada yang jual tepo tahu ini. Kita mengenal  kupat tahu, ketoprak atau tahu telur. Dan Tahu tepo ini mirip dengan ketiga makanan tersebut dan mengenai rasa cukup unik dan bikin ketagihan.
magetan

Tempat wisata yang paling direkomendasikan didaerah kamu ?

njawab :

Tempat wisata yang kami rekomendasikan untuk anda adalah Telaga Sarangan karena memang telaga sarangan mempunyai pesona alam yang sangat indah.  Masyarakat magetan menyebutnya The Beauty Of Magetan. Karena kami sangat merekomendasikan sekali tempat wisata ini, kami juga memberikan peringatan untuk jangan datang ke telaga sarangan !. Karena kami takut, sekali anda datang ke telaga sarangan anda tidak mau pulang lagi kerumah, kami takut anda akan terpesona dengan keindahan alamnya :-).
telaga sarangan

Siapakah Blogger “terunik” di kota mu dan beri alasannya ?

njawab :

Nah untuk soal terakir ini setelah PSC mengadakan sidang isbat secara tertutup maka diputuskan bahwa blogger terunik di Blogsophere Magetan adalah Muklis. Lahir dengan nama lengkap Mukhlis Wibowo, konon dia lahir di Madiun pada tanggal 24-11-1991 SM. Nama di dunia cyber Muklis Wapklis.  Alamat rumah di Temboro, Karas, Magetan. Hobinya isengin orang dan bercita-cita ingin menjadi pengusaha sukses dunia dan akirat. Muklis sangat mengidolakan Gita Gutawa. Orangnya sangat murah senyum, saking murahnya suka senyum sendiri juga. Awal mengenal blog dengan menggunakan handphone, kemudian akirnya membuat blog di blogger dot com. Bagi anda yang ingin merasakan bagaimana uniknya muklis ini bisa langsung saja meluncur ke blognya di http://www.wapklis.web.id. Dan ada trik2 menarik dari muklis yang bisa anda coba juga kok misalnya Tips ngawur yang patut dicoba ketika ban bocor dijalan dan Jika Anda Tertangkap Karena Menerobos Lampu Merah.

muklis wapklis

Tagline blognya adalah ” semua permasalahan ada solusinya ” jadi kalau anda punya masalah bisa konsultasi ke mas muklis untuk minta solusi, dijamin masalah anda akan semakin ruwet hehehehe. Bagi yang belum tau wajah mas muklis bisa dilihat foto dibawah ini. Keren kan fotonya….sorot matanya tajam menatap bakul sate kelinci (luwe wis seminggu rung mangan qiqiqiqi). Jangan kawatir mas muklis ini baik hatinya kok, silahkan kalau anda tertarik untuk mengenalnya silahkan menghubungi mas muklis via pesbuk ato blognya.

Wah akirnya PR dari BPC sudah dijawab dan semoga mendapatkan nilai yang memuaskan ya, ato setidaknya nanti di undang untuk makan-makan di ngawi. Dan biar semua kebagian PR nya maka kini kami juga memberikan PR dari BPC ini untuk sedulur kami Blogger Warok di Ponorogo, Dan kami berharap setelah dari Ponorogo PRnya nanti juga diberikan ke Bojonegoro atau Cilacap. Selamat mengerjakan PRnya 🙂

Tagged
Pring Sedhapur Club
Lebih baik berbuat sesuatu yang bermanfaat meski itu kecil, daripada cuma bisa ngomong atau diam saja. Profil : Google + Komunitas Blogger Magetan
http://www.kotamagetan.com

3 thoughts on “PR Dari Benteng Pedhem Club Ngawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *