Warga sejumlah kelurahan di Kecamatan Magetan Kota resah. Ini karena jatah beras untuk rakyat miskin (raskin) tak kunjung ada dropping dari Bulog. ”Kartunya sudah dibagikan sejak akhir bulan Juli lalu. Tapi, hingga sekarang belum tahu kapan beras raskin dibagikan,” kata Azis, ketua RT 07/RW 01 Kelurahan Sukowinangun, kemarin (18/8).

Dia mengatakan, kupon pengambilan raskin sudah dibagikan kepada warga semenjak 23 Juli 2010 lalu. Namun, hingga sekarang belum ada kejelasan kapan beras bantuan tersebut dibagikan. ”Warga sering bertanya, kapan beras raskinnya cair,” ujar Azis.

Dia mengaku bingung juga menjawab pertanyaan warganya itu. Sebab, dirinya tidak tahu jadwal pembagian beras sembako bantuan pemerintah tersebut. ”Kuponnya sudah dibagikan, biasa satu minggu kemudian berasnya dibagikan,” ujar dia. Belum adanya pembagian raskin juga diakui oleh Yusuf, warga Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo. Dia mengaku, beberapa tetangganya mengeluh karena raskin belum dibagikan. ”Sama, Mas. Kupon sudah dibagikan kepada warga,” terang Yusuf.

Dia mengatakan, saat ditelusuri keterlambatan pembagian beras sembako tersebut bukan lantaran telatnya pembayaran. Namun, karena berasnya memang belum dikirim dari Bulog. ”Informasi dari desa, katanya sudah membayar. Tapi, memang beras belum dikirim.”Yusuf dan Azis berharap agar beras sembako tersebut segera dibagikan. Sebab, masyarakat tak mampu memang membutuhkan. Apalagi, saat ini, bersamaan dengan bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. ”Saya tidak tahu mengapa kok telat pembagian raskinnya,” kata Azis. (rif/isd)

jawapos