Amankan Pilpres, Terjunkan Ratusan Personel

0
241

Tak ingin kecolongan saat pemilihan presiden mendatang, aparat kepolisian langsung pasang kuda-kuda. Salah satunya, dengan menerjunkan 532 personel. Personel tersebut akan di tempatkan di tiap pemungutan suara (TPS). ”Selain di TPS, pengamanan juga di fokuskan di beberapa tempat penting,” terang Kapolres AKBP Jakub Prajogo kemarin (6/7).

Dikatakan, jumlah personel tersebut dibagi pada beberapa fungsi. Diantaranya, sebagai petugas patroli, kesehatan, penyelidikan atau intelkam, serta personil yang dikhususkan menjaga lokasi pemungutan suara. Khusus untuk pengamanan TPS, Jakub mengaku menerapkan pola 2, 6, 12. Yakni, dua personil ditempatkan di enam TPS yang dibantu oleh 6 petugas Linmas (hansip). ”Kami akan selalu mengoptimalkan kinerja para personil,”jelasnya.

Terkait dengan strategi pengamanan, Jakub mengaku menggunakan dua sistem pengamanan. Yakni pengamanan terbuka yang melibatkan pasukan berseragam dan bersenjata. Dan pengamanan tertutup melibarkan personel intelkam, serse serta anggota lainnya yang ditunjuk. ”Semua kami lakukan agar Pilpres berjalan lancar, tertib, dan demokratis,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, untuk memaksimalkan pengemanan, Jakub mengaku jug amenerjunkan para perwira. Baik yang dinas di Polres maupun di Polsek. Tugasnya memantau dan mengkoordinasikan pengamanan pada tempat-tempat strategis. Seperti rumah sakit, instansi pemerintah serat posko-posko yang telah ditentukan.

Selain personel dari Polres, Jakub mengaku koordinasi dengan beberapa instansi terkait. Diantaranya dinas kesehatan, anggota Orari, Satpol PP, dan dinas perhubungan. Selain itu, pihaknya juga mendapat bantuan satu pleton pasukan Detasemen C Sat Brimob Polda Jawa Timur, 30 personil polwil Madiun, serta bekerjasama dengan jajaran Kodim setempat. ”Kami tidak ingin ambil risiko, makanya kami turunkan pengamanan terbaik,” tegasnya.

Hal tersebut diungkapkan Jakub Praojo usai menggelar gladi bersih persiapan pengamanan pilpres. Selain melihat kesiapan personel, gladi kemartin juga disertai simulasi pengamanan pilpres. (rgl/dhy)

jawapos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here