Anggota Dewan Divonis Enam Bulan

0
237

H Purnomo Sidiq, anggota DPRD Magetan divonis enam bulan penjara. Vonis tersebut dijatuhkan majelis hakim karena Purnomo terbukti menggunakan ijasah palsu. Yakni penggunaan gelar Master of Bussines Administration (MBA) saat dirinya menjabat pengurus DPC PKB Magetan. ”Bukti-bukti dan keterangan saksi menguatkan bahwa perbuatan terdakwa memenuhi unsur pidana,” terang Abdul Rouf, ketua majelis sidang kemarin (2/7).Dalam putusannya, majelis menemukan adanya penggunaan ijasah MBA palsu itu pada beberapa dokumen partai. Di antaranya pada tanda anggota parpol dan surat pengumuman penetapan persayaratan calon legislatif pemilihan umum tahun 2004.

Menurut majelis, MAB PUrnomo tersebut dikeluarkan Northen California Global University. Dan dari keterangan Dirjen Dikti, NCGU tidak terdaftar di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Dirjen Dikti Depdiknas).”Setelah dilakukan pemeriksaan, universitas tersebut tidak terdaftar,”terang Abdul Ro’uf.

Karena perbuatannya tersebut, terdakwa terbukti melanggar pasal 68 ayat (2) Undang-undang RI. No.20 tahun 2003 jo pasal 64 ayat (1) KUHP. Atau pasal 69 ayat (2) Undang-undang RI.No.20 tahun 2003 jo pasal 64 ayat (1) KUHP, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Putusan yang dijatuhkan majelsi itu lebih ringan dari pada tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Di mana, sebelumnya jaksa Sundaya menuntut terdakwa dijatuhi hukuman selama satu tahun penjara, ditambah denda sebesar Rp. 5 juta, dengan subsider 6 bulan kurungan.

Menurut Rouf, terdakwa masih memliki kesempatan untuk banding. Dengan persyaratan, banding tersebut diajukan tidak lebih dari tujuh hari setelah pembacaan putusan. Namun, jika dalam rentan waktu tersebut tidak ada pernyataan sikap dari pihak terdakwa serta JPU, maka putusan itu oleh majelis dianggap sah atau diterima oleh keduanya. ”Kami tetap menunggu  hasil keputusan mereka,”tegasnya. (rgl/dhy)

(jawapos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here