Anggota Perempuan Hanya Lima

0
486

Keterwakilan calon legislatif (caleg) terpilih perempuan masih minim. Terbukti, dari 45 kursi anggota DPRD Kabupaten Magetan periode 2009-2014 yang ditetapkan KPUD kemarin (17/5), hanya lima atau 11,1 persen yang bakal diisi perempuan. Mereka adalah Kristina Amik Yetmiati (Demokrat), Maria Yuliana Prihatin (PPDI), Sri Ratna Widjajati (PNBKI), Karmini (PDIP), dan Lasiyem (PDIP).

Kendati demikian, salah satu dari lima perempuan yang lolos ke ”Jl. Pahlawan 01” itu, meraih suara sah terbanyak di antara 45 caleg terpilih. Dialah Karmini, yang membukukan 5.683 suara dan juga menduduki rangking 1 di Dapilnya Magetan 3 (Takeran, Kawedanan, Lembeyan, Nguntoronadi).

Anggota KPUD Magetan Hendrad Subyakto mengatakan, posisi caleg perempuan kurang diuntungkan dalam pelaksanaan pemilu legislatif (pileg). Sebab, sistemnya menggunakan suara terbanyak. Sehingga, butuh kesiapan ekstra untuk menjaring konstituen. ”Terlebih lagi, putusan MK mengenai pemberlakukan suara terbanyak sifatnya mendadak,” paparnya.

Ia menambahkan, dari rapat pleno terlihat angka golput di Magetan cukup signifikan. Tercatat totalnya menembus 25,5 persen. Daftar pemilih di Magetan sendiri dalam Pileg 9 April lalu sebanyak 543.314 pemilih.

Sementara, suasana rapat pleno di kantor KPUD Jl. Karya Dharma kemarin berjalan kondusif. Hadir pula Bupati Magetan Sumantri dan Wakil Bupati Samsi berserta jajaran Muspida. Tampak pengamanan ekstra ketat dari Polres Magetan. Salah satu protap yang diterapkan adalah melakukan sweeping atau pemeriksaan tas para peserta rapat pleno. Polres Magetan kemarin bersiaga penuh, dengan menyiagakan 266 personel. (ota/isd)

(jawapos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here