Baru Dibangun Jembatan Ambrol

0
234

Fondasi jembatan gandong 3 di Kelurahan Tamanan, Kecamatan/Kabupaten Magetan yang menelan dana senilai Rp 845 juta ambrol, Jumat (8/1) siang.

Diduga ambrolnya fondasi jembatan yang baru diselesaikan Oktober 2009 lalu ini, disebabkan buruknya kualitas bangunan. Selain itu, juga ditambah guyuran hujan deras yang melanda wilayah tersebut.

Dampaknya, bangunan yang menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) Pemkab Magetan tahun 2009, yang masih setengah jadi ini, tidak layak diteruskan. Sebab, fondasi jembatan sepanjang 10 meter ambrol. Rangkaian besi cor penyangga jembatan sudah banyak yang terputus. Selain itu, sayap jembatan juga sudah bergeser dan nyaris ambrol.

Salah seorang warga setempat, Dia Susanti, mengatakan, ambrolnya jembatan yang ada di mega proyek jalur kembar Magetan – Maospati ini, disebabkan buruknya kualitas bangunan. Sebab, dalam masa pemeliharaan, bangunan itu sudah rusak semua. Apalagi, hujan yang mengguyur wilayah tersebut tidak terlalu deras.

“Kalau kami melihat ini karena kualitas bangunan yang memang buruk. Jika proyek ini diterukan akan membahayakan pengguna jalan. Sebab, sayap jembatan ini hanya ditanam sekitar 60 sentimeter saja dari permukaan tanah,” terangnya kepada Surya, Jumat (8/1).

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Magetan, Sutikno, menegaskan, ambrolnya jembatan itu disebabkan gerusan air deras.

Untuk itu, pihaknya berjanji segera memanggil pelaksana proyek, guna mempertanggungjawabkan pekerjaannya yang tergolong buruk tersebut.

“Sekarang masih dalam tahap pemelihraan, jadi masih tanggung jawab pelaksana proyek. Kami akan segera memanggil pelaksana dan pengawasnya untuk segera memperbaiki jembatan tersebut,” katanya.

Sementara itu, tulisan nilai proyek dan pelaksana proyek hanya ditulis dengan spidol, sehingga terkena air hujan tulisan hilang.

Hingga berita ini di turunkan belum diketahui siapa pelaksana proyek tersebut. n Wan

sumber : http://www.surya.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here