Erupsi Gunung Kelud Sampai di Magetan

0
643

Pemandangan pagi tadi (jumat 14 Februari 2014) di magetan tidak seperti biasanya, jalan penuh dengan debu yang disebabkan erupsi gunung kelud yang menurut berita meletus pada jam 22.49 wib. Meskipun waktu sudah menunjukkan pukul 06.00 pagi namun matahari belum juga nampak karena tertutup debu vulkanik. Masih nampak debu putih vulkanik dari gunung kelud masih turun dari langit, menutupi jalan, atap rumah, gedung, pepohonan di magetan.

Suasana Jalan Ahmad Yani Magetan

Jalan yang berdebu ditambah dengan kendaraan yang melintas membuat debu berterbangan sehingga membuat jarak pandang mata terganggu. Jalanan di kota magetan seperti tertutup kabut putih. Banyak juga kendaraan yang memilih berhenti karena jarak pandang yang terganggu. Pagi tadi nampak aktifitas masyarakat magetan terasa sepi tidak seperti hari biasanya. Anak-anak sekolahpun hanya sedikit sekali yang berangkat ke sekolah.

Kondisi jalan di kota magetan (jalan monginsidi)

Pada saat seperti ini yang paling diperlukan adalah masker. Minimarket dan apotik menjadi tempat untuk membeli masker, namun jumlahnya juga terbatas akirnya tidak mencukupi. Di perempatan depan pasar baru juga ada para relawan yang memberikan masker secara cuma-cuma kepada para pengendara yang melintas di jalan tersebut.

Masyarakat magetan nampak mulai membersihkan jalan dari debu vulkanik ini. Dan sekitar pukul 10.30 hujan turun membasahi kota magetan, dan dengan sendirinya air hujan tadi membuat jalan yang berdebu menjadi tidak berdebu lagi. Langit mulai cerah, mulai ada sinar matahari yang nampak. Setelah sholat jumat banyak warga yang mulai membersihkan rumah mereka dari debu vulkanik ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here