Facebook dalam Ancaman Koobface

0
187

facebook-logoMaraknya situs jejaring sosial akhir-akhir ini membuat para virus maker untuk melaksakan serangan melalui social networking yang sedang digemari ribuan orang di dunia ini. Sebut saja FACEBOOK yang sekarang lagi marak-maraknya di senangi oleh para user di dunia maya ini. Para virus maker memang tak pernah menyerah untuk melaksanakan aksi-aksinya, memang banyak jalan untuk menuju roma :-). Seperti apa sih serangan si Koobface ini

Koobface ini menggunakan fitur pengiriman pesan situs jejaring sosial tersebut untuk menginfeksi komputer penggunanya. Setelah menjangkit aksi berikutnya adalah sang virus juga akan berusaha mencari informasi sensitif seperti nomor kartu kredit dan data-data pribadi lainnya. User biasanya akan mendapatkan pesan, dan jika link tersebut di klik maka user akan dibawa ke sebuah host yang menampilkan pesan error palsu dari versi Flash player yang sudah kadaluarsa dan pengguna diminta untuk  mendownload / membuka flash_player.exe  yang baru. Apabila user mengikuti untuk mendownloadnya maka virus Koobface pun akan menjangkiti PC user.

Koobface ini menyerang dengan mengirimkan pesan kepada teman dari pengguna yang PCnya sudah terjangkit. Pesan yang dikirimkan berjudul seperti “You look just awesome in this new movie” yang akan membawa pengguna ke situs yang meminta pengguna mengunduh sesuatu yang diklaim sebagai update Flash player dari Adobe System, mirip seperti virus yang mengaku sebagai video YouTube.(dari berbagai sumber).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here