Hutan Lindung Ludes Terbakar

0
153

Kebakaran hebat melanda kawasan hutan lindung di lereng utara Gunung Lawu,kemarin(19/8).Titik kebakaran berada di petak 73 Perhutani KPH Lawu Ds. Tepatnya berada wilayah Desa Ngiliran,Kecamatan Panekan,Magetan.”Diduga api berasal dari wilayah Jawa Tengah lalu merembet ke wilayah Jawa Timur,”ujar Kapolres Magetan AKBP Awi Setiyono,kemarin siang. Akibat amuk si jago merah,hingga siang kemarin sedikitnya ada lima hektare lahan hutan lindung yang terbakar.Dimungkinkan,luas lahan yang terbakar bisa lebih luas.Sebab,petugas Perhutani KPH Lawu Ds masih melakukan identifikasi.

Informasi yang diterima koran ini,sejak pagi tim Perhutani mendapatkan pengaduan adanya kobaran api yang berasal dari wilayah Jawa Tengah.Dikatakan,api perlahan-lahan merembet ke wilayah Jawa Timur.Yakni, di petak 73 atau di kawasan Ngiliran(Panekan,Magetan) dan Kendal(Ngawi).
Agar tidak meluas,petugas perhutani dan warga setempat,terutama yang menggarap lahan di sekitar kawasan hutan lindung,langsung mengamakan.Caranya dengan membuat ilar-ilar di kawasan rawan terbakar. Cara konvensional tersebut untuk mengantisipasi agar api tidak merembet dan terputus oleh ilar-ilar. Kawasan hutan lindung yang diamankan tersebut di antaranya masuk Desa Ngiliran,Bedagung,serta Sukowidi (Kecamatan Panekan).Hal yang sama juga dilakukan warga di kawasan hutan lindung yang masuk wilayah Kecamatan Kendal,Ngawi.

Dari kejauhan terlihat kepulan asap di sejumlah petak hutan yang terbakar.Belum diketahui secara pasti jumlah kerugian yang diderita Perhutani KPH Lawu Ds akibat kebakaran tersebut.Hingga sore,petugas Perhutani dibantu warga terus membuat ilar-ilar untuk melokalisasi api kiriman dari kawasan hutan Jawa Tengah tersebut. Pada musim kemarau tahun lalu,kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu cukup parah.Penyebabnya,musim kemarau yang berkepanjangan.(rif/sat)

radarmadiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here