Jadi Warung Plus-Plus

0
1937

Kawasan pertokoan di jalur Maospati-Ngawi, tepatnya di Desa Malang,Maospati,Magetan,berubah fungsi.Dari 40 unit kios yang ada,beberapa di antaranya kini beralih jadi kafe dan warung karaoke. ”Kami prihatin.Karena,melenceng jauh dari tujuan awal,”kata salah seorang pemilik usaha di kawasan itu yang enggan ditulis namanya kepada koran ini kemarin (29/4). Kawasan pertokoan tersebut dibangun pemerintah desa Malang enam tahun lalu.Pengelolaan kios semi permanen tersebut diserahkan warga setempat yang tidak memiliki pekerjaan.Di awal pembukaan,kawasan ini cukup marak dengan aneka usaha.Namun,lambat laun beberapa toko tutup lantaran bangkrut.
Setelah itu,satu per satu pengelolaan kios mulai berpindah tangan.Informasinya,pengalihan pengelolaan itu rata-rata senilai Rp5juta sampai dengan Rp7,5 juta.Kalau dikontrak,per tahun bisa senilai Rp1juta. ”Sejak itulah,toko berubah fungsi,”kata sumber tersebut. Toko-toko itu lantas dimodifikasi sedemikian rupa.Ada yang berubah menjadi warung plus fasilitas karaoke. Ada juga yang berubah menjadi kafe.Bahkan,disinyalir ada yang menyedeiakan menyediakan perempuan.”Silakan sampeyan ngopi di warung itu,nanti pasti ditawari cewek,”ujar bapak dua putra ini sambil tersenyum kecut.

Toko yang berubah menjadi warung plus-plus itu memang agak tertutup rapat.Kebanyakan,ditutup spanduk minuman bir maupun promosi rokok.Pintunya terbuka sedikit. Tidak jarang perempuan berdandan cukup menor dengan rambut dicat terlihat hilir mudik.”Ada juga yang menyediakan kamar.Kalau malam tambah rame.Pernah juga ada ribut-ribut,”tuturnya.

Menurut beberapa warga,dari 40 unit bedak itu,yang belum berganti warung plus-plus cuma ada empat kios saja.Yakni,kios yang menjual jamu seduhan,alat sepeda motor dan konter seluler.”Lainnya,sudah berubah jadi warung plus-plus dan beberapa lagi tutup.”
Menyikapi kondisi ini,Kepala Satpol PP Magetan Secondany berjanji segera menertibkan warung plus-plus di kawasan Malang tersebut.”Nanti akan kami tertibkan sesuai penggunaan semula,”janjinya singkat saat dikofirmasi koran ini kemarin.(rif/sad)

radarmadiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here