Ketika Gus Ipul Terkesan Batik Sidomukti

0
291

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf benar-benar terkesan dengan batik Sidomukti.Itu dibuktikan saat Gus Ipul,sapaan akrabnya,mampir di sentra batik kawasan Desa Sidomukti,Kecamatan Plaosan, Magetan,kemarin(25/3).’Luar biasa. Benar-benar luar biasa.Saya terkesan dengan batik Sidomukti.Pak bupati, tolong sentra batik ini diopeni dan dibina.Sehingga, benar-benar menjadi kebanggaan Magetan dan Jawa Timur,’terang Gus Ipul tanpa basa-basi.

Batik sidomukti sebenarnya telah hilang atau tenggelam selama puluhan tahun.Kemudian dalam satu windu ini perlahan mulai bangkit kembali. Bahkan,sudah menjadi ikon dan produk unggulan Magetan.Tidak hanya itu, pemasarannya pun sudah menembus luar Jawa dengan puluhan jenis corak dan modelnya.
‘Tolong koordinasi dengan pak bupati dan dinas perindustrian,apa yang dibutuhkan perajin batik Sidomukti.Nanti pak gubernur dan saya akan berusaha membantu.Sehingga,batik sidomukti semakin hidup dan bisa menghidupi masyarakat,’jelas Gus Ipul. Kepada Gus Ipul,kepala Desa Sidomukti,Sutikno meminta dorongan moral dan motivasi. Selain itu,dia berharap kucuran bantuan modal dan pelatihan.Sehingga,perajin batik di desanya semakin kreatif dan mampu bersaing. ‘Harapan kami tidak muluk-muluk.Syukur-syukur ada bantuan modal dan pelatihan,’terang Sutikno.

Sebelum ke sentra batik,Gus Ipul bertatap muka dengan anggota Kwarcab Pramuka dan jajaran KONI Magetan di pendapa Surya Graha Pemkab Magetan.Selain itu,dia juga berkunjung ke pondok pesantren di Plumpung Kecamatan Plaosan.(rif/sad)

radarmadiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here