Kinerja Pemkab Lamban

0
320

Belum dibahasnya perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2010 membuat kalangan dewan prihatin. Kenyataan ini mengindikasikan lambannya kinerja Pemkab Magetan. ”Hingga sekarang, materi PAK APBD belum kami terima,” kata Wakil Ketua DPRD, H. Sutikno, kemarin (15/9).

Menurut dia, sejak penetapan LKPJ APBD 2009 menjadi peraturan daerah, Bupati Sumantri maupun tim anggaran eksekutif yang diketuai Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Abdul Azis belum menyerahkan draf PAK APBD kepada legislatif.

”Yang diserahkan baru KUA PPAS. Itu pun masih informal. Jadi di dewan ini belum ada pembahasan PAK sama sekali,” kata wakil ketua dewan dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Dia menilai, belum diserahkan draf PAK APBD tahun 2010 ini berdampak pada kinerja pemkab secara keseluruhan. Dia mengestimasikan, perubahan anggaran baru akan dibahas setelah Hari Raya Idul Fitri. Dengan asumsi pembahasan selama satu bulan, maka PAK ABPD baru bisa disahkan pada bulan Oktober mendatang.

”Artinya, eksekutif cuma punya waktu dua bulan saja untuk menjalankan program PAK APBD. Yakni, November dan Desember. Sangat mepet dan berdampak buruk bagi semua program kerja,” jelas dia. Sutikno berharap, ke depan pembahasan APBD 2011 bisa disahkan pada bulan Desember. Itulah sebabnya, setelah pembahasan PAK APBD selesai, dewan akan mendesak Bupati Sumantri untuk segera mengirimkan berkas atau draf pembahasan APBD 2011.

”Kami hanya ingin, rutinitas pembahasan APBD dimajukan. Jangan terus mundur dan mepet. Sehingga, perencanaan dan pembahasan tidak bisa maksimal,”jelas Sutikno. (rif/isd)

jawapos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here