Magetan Raih Adipura

1
354

Kado manis diterima Bupati H Sumantri menjelang satu tahun masa jabatannya. Yakni, penghargaan Adipura 2009 bagi Magetan untuk kategori kota kecil. Penghargaan tersebut melengkapi penghargaan yang sama tahun sebelumnya. ”Kami bangga dengan penghargaan prestisius itu,” terang Sumantri kemarin (5/6).

Diungkapkan, Adipura bukanlah tujuan utama pemkab. Penghargaan tersebut merupkan apresiasi pemerintah pusat terhadap kondisi lingkungan di wilayahnya. Terutama tentang kebersihan kota. ”Adipura itu akan menjadi pemacu semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Sumantri, ketika dihubungi via telepon selulernya.

Penghargaan Adipura 2009 kemarin diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Selain Magetan, Kota Madiun dan Kabupaten Madiun juga menerima anugerah serupa. ”Sekali lagi, Adipura itu kami persembahkan bagi warga masyarakat dan seluruh jajaran yang komitmen terhadap kebersihan,” tandasnya.

Meski Adipura telah diraih, pihaknya meminta agar masyarakat tidak puas dengan itu. Sebab, tantangan menjaga kebersihan kedepan lebih berat. Hal itu dikarenakan tingkat populasi penduduk yang kian bertambah. Sehingga, ancaman membeludaknya sampah cukup besar. ”Mempertahankan itu berat daripada meraih, jadi semuanya kami mint aterus bekerja keras,” ujarnya.

Itu sebabnya, Bupati Sumantri mengajak kepada jajaran dinas dan instansi terkait di lingkup pemkab serta semua elemen masyarakat untuk menggalakkan kebersihan di lingkungan masing-masing. Baik di lingkungan kerja maupun tempat tinggal.

”Fasilitas publik, seperti pasar dan terminal harus dijaga agar tetap bersih. Termasuk pengembangan pengelolaan sampah di TPA (tempat pembuangan akhir) akan terus menjadi perhatian pemkab,” ujar dia.

Menurut bupati yang dipilih rakyat ini, dengan raihan Adipura tersebut, dinilai klop dengan salah satu misi menjadikan Magetan sebagai kota wisata di Jawa Timur. ”Kalau kotanya bersih dan asri, tentu wisatawan akan semakin kerasan.” Pungkasnya. (rif/dhy)

(jawapos)

1 COMMENT

  1. semoga dengan adipura ini magetan tetap menjadi kota yang bersih dan tambah bersih lagi ya kang 🙂

    yoi bener…memperthankan itu lebih sulit 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here