Masih Perlu Kajian Dobel

0
148

Proses revisi Raperda Pengelolaan, Penataan dan Pembinaan Pasar, tampaknya butuh waktu yang tak singkat. Setidaknya, perlu dua kali kajian lapangan bagi legislatif untuk melakukan perbaikan. Kajian lapangan pertama sudah kami lakukan. Rencananya awal pekan depan, akan kami lakukan kajian kembali, ujar Ketua Pansus Raperda Inisiatif Pasar Suratman, kemarin (16/3). Menurutnya, kajian lapangan kali pertama dilakukan di sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Sayur, Pasar Baru, Pasar Gorang-gareng, Pasar Lembeyan, dan Pasar Parang. Seluruhnya kami himpun sejumlah materi untuk dimasukkan dalam revisi evaluasi raperda tersebut, terangnya.
Politisi Partai Golkar yang juga ketua Komisi B DPRD Magetan ini menambahkan, untuk studi lapangan kedua awal pekan mendatang, rencananya akan diarahkan di sejumlah lokasi. Di antaranya, Pasar Barat, Karangmojo, Maospati, dan Pasar Karangrejo. Sengaja kami ambilkan sampel di beberapa lokasi pasar. Seluruhnya kami tekankan parameter pada segi dampak terhadap keberadaan toko-toko modern di sekitarnya,urai Suratman.

Suratman menuturkan, rencananya, pasca menghimpun data di lapangan pihaknya baru bisa menggelar rapat evaluasi. Setelah sejumlah data bisa kami himpun, baru kami rapatkan kembali. Kami satukan lagi materi evaluasi itu dan selanjutnya disempurnakan untuk dikirimkan ke gubernur kembali guna disahkan, terangnya. Sebelumnya, Raperda inisiatif tentang Pengelolaan, Penataan dan Pembinaan Pasar mendapat catatan gubernur. Beberapa item dinilai belum mampu direalisasikan dalam aturan tersebut dan perlu disempurnakan.

Raperda itu sendiri menjadi tumpuan harapan pedagang pasar tradisional karena dinilai sebagai payung hukum dalam melindungi eksistensi mereka.Tentu kami sangat menanti kebijakan itu. Karena kami tak ingin dibuat saling beradu kemampuan dengan pasar modern. Utamanya yang berdekatan dengan pasar tradisional, kata Asis, sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Sayur Magetan. (wka/isd)

radarmadiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here