Menjaga Budaya Gotong Royong

6
325

PSC – Gotong Royong bisa kita artikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan sifatnya sukarela tanpa mengharap imbalan apapun dengan tujuan suatu pekerjaan atau kegiatan akan berjalan dengan mudah, lancar dan ringan. Pekerjaan yang berat akan terasa ringan bila dikerjakan secara bergotong royong. Contoh dari kegiatan gotong royong ini bisa kita lihat disekitar lingkungan kita sendiri, misalnya kerja bakti membersihkan lingkungan, gotong royong membangun rumah, gotong royong membuat jalan desa, gotong royong membersihkan sampah di sungai dll. Disisi lain, gotong royong ini juga bisa menumbuhkan dan memperkuat silaturahmi dan persaudaraan serta menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

Dibandingkan dengan sikap atau cara individualisme yang hanya mementingkan diri sendiri, maka sikap seperti ini akan memperlambat pembangunan suatu daerah. Namun bila kita perhatikan, budaya gotong royong ini mulai pudar di kehidupan masyarakat kita, apalagi di lingkungan masyarakat perkotaan. Perubahan perekonomian serta kemajuan industri sehingga tatanan kehidupan banyak didasarkan pada pertimbangan ekonomi dan munculah sifat materialistik dan efeknya mulai pudarnya nilai gotong royong di masyarakat. Perkembangan jaman serta masuknya budaya dari luar juga mempunyai pengaruh, ditambah lagi sekarang ini begitu mudahnya orang mendapatkan informasi dari manapun.

Bagaiamana di daerah anda ? di desa anda ? Masihkah budaya gotong royong ini masih tetap terjaga ? Menjaga supaya budaya gotong royong ini tetap ada di kehidupan bermasyarakat bisa kita mulai dari lingkungan rumah dahulu, kemudian ditingkat RT dan RW. Dilingkungan RT biasanya ada kegiatan rutin contohnya adalah arisan RT yang dilaksanakan setiap sebulan sekali. Dari pertemuan inilah bisa di bahas bersama untuk mengadakan kegiatan kerja bakti misalnya membersihkan lingkungan RT setempat, kemudian adanya jadwal ronda secara bergilir di pos ronda. Mungkin sekarang sudah sangat jarang sekali yang melakukan kegiatan ronda di pos ronda ini, beda bila dibandingkan dengan dahulu. Mari bersama menjaga budaya gotong royong ini supaya tetap terjaga di kehidupan bermasyarakat kita, gotong royong adalah budaya khas bangsa Indonesia yang patut dipertahankan.

6 COMMENTS

  1. andaikan sapu lidi itu hanya 1 lidi, pasti tidak akan mampu untuk menyapu halaman
    kira-kira ibaratnya tentang gotong royong itu 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here