Nobar Trilogi Linimassa dan Terpenjara Di Udara di Arpus Magetan

4
416

PSC – ICT Watch dan Wacthdoc bersama dengan 5 sutradara 5 daerah memproduksi film dokumenter linimassa yang berisi fakta dan aksi kepedulian masyarakat Indonesia. 5 Sutradara 5 Daerah 5 fakta terangkum dalam 1 film Linimassas 3, geliat anak negeri yang memulihkan lukanya sendiri. Linimassa 1 mendokumentasikan bagaimana masyarakat di Indonesia menggunakan internet dan sosial media untuk membuat perubahan dan memberdayakan orang-orang di sekitarnya. Film ini bahkan menjadi bagian dari kurikulum SMA di Australia Barat. Linimassa 2 menampilkan geliat orang-orang yang tak diperhitungkan namun berperan dalam membangun dan menjaga keamanan lingkungannya.

“Kenapa kita harus menonton acara televisi yang seragam di semua channel televisi ? Kenapa kita harus melihat wajah-wajah politisi sekaligus pemilik televisi di rumah kita lewat televisi ? Itu persis karena frekuensi publik, frekuensi milik kita dirampas oleh entitas bisnis dan didiamkan oleh regulasi yang mandul. Kita TERPENJARA DI UDARA” Selain ada Linimassa 3 juga ada film dokumenter terpenjara di Udara yang diputar mengawali nobar Trilogi Linimassa yang seremtak dilaksanakan seluruh Indonesia di 50 tempat pada hari sabtu 01 Februari 2014.

Tak ketinggalan Komunitas Blogger Magetan juga mengambil bagian dalam penyelenggaraan Nobar serentak Trilogilinimassa ini. Dulu komunitas blogger magetan juga pernah mengadakan nobar linimassa 2 yang di padukan dengan acara kopdar dan penyerahan hadiah kontes SEO Pilkada Magetan Damai. Sebelum hari pelaksanaan kami juga sudah datang menemui Kepala Arsip dan Perpustakaan Magetan untuk meminjam tempat dan peralatan untuk keperluan nobar. Kami juga mengundang beberapa grup di jejaring sosial yaitu Wong Magetan Peduli (WMP), Komunitas Anak Lawu Magetan (KALAM), Magetan Madiun Community (MAGMA Community), Milanisti Magetan (MI Magetan) pelajar dan juga dari masyarakat umum. Ikut hadir juga kawan kami dari Open Madiun dan Komunitas Blogger Ngawi serta salah satu perwakilan bagus dyah Magetan.

Acara nonton bareng Trilogi Linimassa ini dilaksanakan kemarin tanggal 01 Februari 2014, jumlah peserta yang datang di buku tamu kami tercatat 50 orang. Alhamdulilah acara nobar trilogi linimassa ini juga banyak diminati oleh masyarakat di magetan, khususnya para pengguna media sosial. Informasi acara nobar ini kami sebarkan melalui twitter, pamflet dan facebook. Acara dimulai pukul 14.30 diawali dengan sambutan dari Kepala Arsip dan Perpustakaan Magetan dan juga dari koordinator komunitas blogger magetan.

Tujuan dari acara nobar trilogi linimassa selain sebagai ajang silaturahmi / kopdar para pengguna internet khususnya di Magetan juga memberikan motivasi, inspirasi dan semangat kepada para pengguna internet khususnya media sosial, bahwa saudara-saudara kita menggunakan media sosial untuk melakukan aksi-aksi kepedulian dan kemanusiaan. Dan masih banyak aksi-aksi yang lainnya seperti radio komunitas, relawan merapi, darah untuk aceh dll. Menggunakan media sosial untuk hal yang positif tidak sekedar untuk narsis dan update status saja. Kita tak perlu lagi berdiam diri dan hanya menunggu pemerintah, lakukan yang kita bisa. Jumlah para pengguna media sosial besar dan saling terhubung meskipun jauh, kemudahan seperti inilah yang harus kita manfaatkan untuk melakukan hal-hal yang bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita.

Setelah pemutaran Terpenjara di Udara dan Linimassa 1, koordinator komunitas blogger magetan mengajak untuk berdiskusi kecil tentang film tersebut. Tanggapan, pemikiran dan pertanyaan di lontarkan peserta nobar trilogi linimassa dalam kesempatan diskusi tersebut. Setelah diskusi kecil kemudian dilanjutkan dengan pemutaran Linimassa 3. Acara nonton bareng trilogi linimassa selesai pada pukul 16.35 WIB. Semoga acara nobar ini bermanfaat bagi kita semua khususnya para pengguna internet dan memberikan kita motivasi, inspirasi dan semangat untuk melakukan aksi kepedulian kepada sesama.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here