Ortu Diwarning Beri Pengawasan Lebih

0
102

Meski ujian nasional (unas) bukan satu-satunya faktor yang menentukan kelulusan siswa,Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Bambang Trianto,tetap mem-warning orang tua.Apalagi,pelaksanaan unas jenjang SMA sederajat semakin dekat. ”Masa persiapan unas untuk jenjang SMA sederajat tinggal satu minggu.Tolong orang tua memberikan pengawasan lebih kepada anak didik,yang menjadi peserta unas,”kata Bambang,kemarin(10/4).
Rencananya,unas SMA,SMK dan MA itu akan digelar pada tanggal 18-21 April 2011.Sedangkan unas SMP sederajat pada 25-28 April 2011 mendatang.Jadwal dan kriteria kelulusan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional(Permendiknas)Nomor 45 Tahun 2010.

Kemudian,unas susulan SMA,SMK,dan MA dilaksanakan 25-28 April 2011 dan pengumuman kelulusan oleh satuan pendidikan paling lambat 16 Mei 2011.Sementara unas susulan SMP/MTs digelar pada 3-6 Mei 2011.Dan pengumuman unas SMP/MTs oleh satuan pendidikan pada 4 Juni 2011.

Menurut Bambang,persiapan peserta unas di Magetan, baik jenjang SMA maupun SMP sederajat sudah maksimal. Termasuk,sudah menggelar ujian sekolah maupun ujian kompetensi bagi SMK sederajat.”Persiapan akademis bagus.Begitu pula persiapan mental.Masing-masing sekolah sudah menggelar doa bersama,”terang dia.

Menghadapi unas ini,peran orang tua dan lingkungan siswa memang sangat krusial.Terutama mengontrol system belajar anak.Bagi lingkungan,dia berharap ikut menyuport anak didik dalam menghadapi unas.”Peran sederhana bisa dilakukan orang tua.Misalnya,larangan keluar malam.Begitu pula dengan jadwal menghidupkan televisi juga diperketat,”ungkapnya.

Soal nilai kelulusan,kata Bambang,memang terjadi perubahan.Diterangkan,sebelum kelulusan diumumkan, sekolah mengirimkan hasil nilai sekolah untuk digabungkan dengan hasil nilai unas ke Kementerian Pendidikan Nasional. Selanjutnya,setelah digabungkan dengan formula 60 persen unas ditambah dengan 40 persen nilai sekolah, nilai tersebut dikembalikan lagi ke sekolah.Sekolah menggabungkan nilai dengan mata pelajaran lain.”Ada tujuh mata pelajaran lain yang harus lulus.Yang menentukan kelulusan adalah satuan pendidikan,”kata Bambang.(rif/isd)

radarmadiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here