Pesona Gunung Bancak Magetan

2
1211

Hallo Sobat Kota Magetan.. Kali ini Mbah Sundul akan berbagi cerita tentang salah satu gunung atau perbukitan yang berada di wilayah Kabupaten Magetan. Gunung yang aku maksud adalah Gunung Bancak yang sudah begitu terkenal di Magetan ini. Kebetulan Mbah Sundul sendiri tinggal di sebelah barat dari Gunung Bancak ini, tepatnya di Desa Sundul. Agar tidak terlalu panjang basa basinya, langsung saja di simak segala hal tentang Gunung Bancak yang Mbah Sundul ketahui.

Telogo Asat Gunung Bancak Magetan
Pesona Gunung Bancak Magetan

Letak Geografis Gunung Bancak :

Gunung Bancak terletak diantara empat Kecamatan dari wilayah Kabupaten Magetan diantaranya :
1.    Kecamatan Parang : Desa Sundul
2.    Kecamatan Ngariboyo : Desa Banjarpanjang
3.    Kecamatan Kawedanan : Desa Giripurno, Desa Ngentep
4.    Kecamatan Lembeyan : Desa Krowe, Desa Pupus
Titik koordinat dari Gunung Bancak Magetan berada di sekitar titik 27,43.01.28 LS dan 111,23.29.73 BT.

Gunung Bancak : kumpulan banyak bukit

Kalau Anda mencoba melihat keberadaan Gunung Bancak dari foto hasil pencitraan satelit, mungkin akan terlihat bahwa Gunung Bancah hanya terdiri dari dua bukit. Tetapi dalam kenyataanya Gunung Bancak sendiri terdiri dari banyak bukit yang berkumpul menjadi satu dan membentuk suatu pegunungan yang dinamakan Gunung Bancak. Masing masing bukit tersebut diberi nama sesuai dengan nama puncak dari bukit tersebut. Diantaranya :
1.    Bukit Seprecet
2.    Bukit Semunu
3.    Bukit Sekelir
4.    Puntuk Simun
5.    Bukit Ceme
6.    Bukit Selenguk, dll

Sebenarnya masih banyak bukit bukit yang Mbah Sundul sebutkan karena memang tidak tahu nama namanya. Nama Nama di atas hanya sebatas pengetahuan dari Mbah Sundul saja.

Keadaan Alam
Dahulu sebagian besar  tanah Gunung Bancak digunakan warga sekitar yang mempunya hak milik tanah di situ sebagai ladang yang sering ditanami ubi ubian untuk menopang kehidupan mereka. Tetapi sekarang seiring berkembangnya  pengetahuan dan wawasan warga sekitar, ladang ladang yang dulu digunakan sebagai lahan pertanian sekarang dialih fungsikan sebagai hutan rakyat yang kebanyakan ditanami dengan pohon jati. Jadi kalau pada musim penghujan Gunung Bancak selalu berubah seperti layaknya hutan jati yang begitu lebat dan padat. Ditambah dengan tumbuh suburnya semak semak sehingga menjadikan Gunung Bancak seperti hutan belantara.

Untuk menopang pertanian masyarakat dan memudahkan mengangkutan hasil pertanian, sekarang ini di Gunung Bancak sudah ada akses jalan yang bisa dilewati oleh kendaraan semacam Truk untuk mengangkut kayu hasil hutan yang ada. Ada dua akses jalan yang membelah perbukitan di gunung ini yaitu :

  1. Jalan antara Desa Sundul Kecamatan Parang yang terhubung dengan Desa Giripurno Kecamatan Kawedanan.
  2. Jalan antara Desa Krowe Kecamatan Lembeyang yang terhubung dengan Desa Ngentep Kecamatan Kawedanan. Likat foto fotonya DI SINI.

Dua akses jalan tersebut sangat membantu masyarakat sekitar untuk memperlancar mengangkut hasil pertanian dan hasil hutan.
Di tengah perbukitan Gunung Bancak ada semacam lembah yang lumayan luas dan datar yang digunakan sebagai lahan pertanian warga.  Daerah itu lebih terkenal dengan daerah Telogo Asat ( telaga yang tidak ada airnya). Konon ceritanya dahulu memang ada yang mau membuat telaga di situ. Tetapi belum selesai karena keduluan oleh ayam jago yang berkokok, seperti layaknya asal usul tempat dan telaga dari daerah lain.

Makam Eyang Maduretno / Sarehan Ratu
Di Gunung Bancak tepatnya di Desa Giripurno ada makam peninggalan jaman kerajaan yang sangat terkenal yang oleh warga sekitar disebut sebagai Kuburan Ratu atau Sarean Ratu. Makam tersebut juga terkenal sebagai Makan Eyang Maduretno yang masih keturunan dari Kerajaan Surakarta. Setiap tahun baru jawa 1 Suro selalu diadakan doa bersama di Makam Tersebut. Simak saja sedikit ceritanya di SINI

Kalau anda seorang pecinta alam daerah pegunungan ini bisa dijadikan pilihan untuk mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan wisata alam dan penjelajahan. Panorama alamnya yang indah bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan anda sambil belajar mengenal alam dan belajar lebih bersahabat dengan alam.

OK Sobat Kota Magetan, aku kira sementara cukup sampai disini coretan dari Mbah Sundul. Lain waktu insyaAllah di sambung lagi dengan hal hal atau topik yang pantas ditampilkan dan dipublikasikan sebagai usaha untuk lebih mengenalkan Kabupaten Magetan dan segala potensi yang dimilikinya.

Salam Blogger dari Desa Sundul, Parang, Magetan, Jawa Timur Indonesia.

TTD
Mbah Sundul

2 COMMENTS

  1. Gunung bancak menakjubkan pemandangnx bagus my trip mygunung bancak…aku di lahirkan di lereng bancak tepatx di ds giripurno dukuh sntrenblor sd bravooopp top

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here