Pesona Telaga Wahyu Yang Terlupakan

1
225

PSC – Kabupaten Magetan dengan letak geografisnya di lereng Gunung Lawu mempunyai pesona alam yang sangat menawan dan begitu indah. Banyak sekali obyek wisata yang ada di Magetan. Satu yang menjadi obyek wisata andalan magetan yaitu Telaga Sarangan. Obyek wisata telaga sarangan mampu menyedot wisatawan dari berbagai daerah. Dengan begitu bisa menambah pendapatan daerah khususnya di bidang pariwisata. Selain Telaga Sarangan yang sudah banyak dikenal itu, masih banyak tempat wisata yang jika di kelola dengan baik akan mampu mengundang para wisatawan untuk datang ke Magetan. Satu diantara obyek wisata tersebut adalah Telaga Wahyu atau Telaga Wurung.Telaga Wahyu terletak di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Mempunyai luas 10 hektare dan kedalaman sekitar 16 meter, 3 kilometer ke arah timur dari Telaga Sarangan. Hari minggu kemarin kami kopdar ke Telaga Wahyu, memang sudah direncanakan sebelumnya untuk kopdar disana dan kemudian mempublish telaga wahyu supaya juga dikenal dan akhirnya bisa menjadi tujuan wisata di magetan. Memasuki pintu masuk Telaga Wahyu terdapat bangunan gapura selamat datang di telaga wahyu, kondisi gapura nampak bagus. Namun begitu kami masuk kedalam, ada rasa kecewa di hati kami karena kondisi yang tak terawat. Mulai dari jalan masuk yang ditumbuhi banyak rumput, kemudian tempat parkir, bangunan pos yang kurang enak dipandang mata, dinding pagar yang sudah usang dan banyak sekali ditumbuhi rumput.

Pemandangan alam yang indah akhirnya menjadi terganggu karena kondisi yang seperti itu. Tempat yang benar-benar nyaman untuk bersantai untuk menikmati susasa telaga belum kami temukan disana. Di pinggiran telaga berdiri beberapa warung yang menyediakan makan dan minuman, sate kelinci dan sate ayam menjadi makanan favorit. Dan dipinggiran telaga wahyu banyak para pengunjung yang memancing. Bagi anda yang tidak membawa alat pancing jangan kawatir, karena disana juga ada jasa penyewaan peralatan memacing.  Di sana juga disediakan becak air bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam sekitar telaga, harga sewanya juga tidak terlalu mahal kok. Telaga Wahyu ini memang sangat cocok dijadikan sebagai wisata memancing, ditambah dengan suguhan pemandangan alam yang menawan dan udara yang sejuk. Di telaga tahun 2011 kemarin juga diadakan Festival Memancing Se-Jawa Timur, itu juga salah satu bentuk usaha Disparbudpora Magetan untuk mengenalkan telaga wahyu ini.

Dalam kopdar itupun kami juga ngobrol tentang kondisi telaga wahyu yang terkesan tidak terawat ini. Kami juga yakin pihak yang terkait sebenarnya juga sudah mempunyai rencana untuk telaga wahyu ini, namun mungkin masih ada kendala atau apa yang kami tidak mengetahuinya. Namun terlepas dari itu semua kami sangat berharap telaga wahyu ini segera di bangun dan dikelola dengan baik. Kami yakin jika pengelolaan telaga wahyu ini dilakukan secara total maka telaga wahyu ini akan menjadi obyek wisata andalan juga setelah telaga sarangan.

Misalkan dibangun tempat yang nyaman bagi para pengunjung untuk memancing, tempat yang nyaman untuk bersantai, tempat bermain, area parkir yang aman, pembangunan sekitar telaga, toliet, masjid dan warung yang tersusun rapi pasti para pengunjung akan terkesan dan puas berkunjung ke telaga ini.

Tagline ” Magetan The Beauty Of Java” jangan hanya tagline saja, namun juga harus didukung dengan pengelolaan pariwisata yang baik. Contoh saja Kota Solo, tagline ” Solo The Spirit Of Java” benar-benar terasa dan diwujudkan dengan pengembangan di bidang pariwisata dan budaya. Dan kalau kita contoh di luar negeri, lihat saja singapura, tempat wisata mereka adalah tempat wisata buatan yang artinya bukan asli dari alam namun pariwisata disana maju. Kita yang mempunyai tempat¬† wisata yang natural, yang asli di alam yang pemandangannya sangat menyejukkan mata seharusnya lebih bersemangat lagi didalam mengelolanya. Selain itu juga didukung publikasi yang memanfaatkan disegala bidang, misalkan melalui jejaring sosial dan lainya. Mari bersama menjadikan magetan sebagai tempat tujuan wisata, kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat magetan sangat diperlukan. Nyawiji Ambangun Bumi Mageti. Artikel ini kami buat bukan untuk menjelekkan , menjatuhkan atau protes kepada dinas terkait namun karena kecintaan kami kepada tanah kelahiran kami, karena kami ingin magetan benar-benar menjadi kota wisata.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here