RAYAKAN TAHUN BARU,25 RIBU WISATAWAN PADATI SARANGAN

0
180

Telaga Sarangan benar-benar kebanjiran wisatawan.  Selama dua hari liburan, lebih dari 25.000 pengunjung menghabiskan perayaan pergantian tahun di lokasi wisata andalan Magetan itu. ‘Mulai dari malam pergantian tahun hingga hari kedua tahun baru pengunjung Sarangan membeludak, ‘kata Kepala Dinas Pariwisata,Kebudayaan,Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Magetan,S iran, kemarin(2/1).Puncak kunjungan wisata yang membanjiri Telaga Sarangan terjadi pada 1 Januari 2011.Saat itu,arus wisatawan dari arah Magetan dan Tawangmangu mulai menyemut sejak pagi hingga sore.Kondisi itu berlanjut sampai hari Minggu kemarin. Di Sarangan,perayaan tahun baru ditandai dengan pesta kembang api dan pentas musik dangdut.’Kalau dilihat dari jumlah wisatawan,terjadi peningkatan daripada tahun lalu.Kira-kira peningkatannya sepuluh persen,’ terang Siran.

Tak urung,tingginya kunjungan wisatawan ini membawa berkah pengelola hotel,pedagang,serta penyedia jasa perahu boat dan kuda.Sejak H-1,tingkat hunian hotel benar-benar penuh.Di sisi lain,membeludaknya pengunjung menyebabkan terjadi lonjakan harga kamar.Informasi koran ini,pada malam perayaan pergantian tahun baru,tarif kamar hotel paling murah mencapai Rp500 ribu.Sedangkan untuk sewa vila,ada yang menembus Rp1juta.Itu pun sangat sulit untuk mencari kamar kosong.

‘Kalau melihat trennya,angka kunjungan wisatawan dalam satu tahun akan ada peningkatan.Jadi kami optimistis,target PAD(pendapatan asli daerah)Rp2,5 miliar akan tercapai,’ungkap Siran yang aktif memantau Sarangan selama perayaan pergantian tahun 2010-2011.Sementara,Bupati Sumantri dan jajaran Muspida Magetan merayakan pergantian tahun baru di alun-alun.Di pusat keramaian itu,masyarakat tumplek blek merayakan datangnya tahun baru 2011 dengan hiburan wayang kulit dan pertunjukkan musik,yang diakhiri pesta kembang api.

‘Saya mengajak seluruh masyarakat Magetan untuk menatap tahun 2011 dengan rasa optimistis.Mari bekerja keras membangun Magetan menuju yang lebih baik. Tinggalkan yang jelek-jelek,songsong tahun kelinci ini dengan berpikir positif dan kerja keras,’ungkap bupati.(rif/isd)

radarmadiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here