Sarangan Sedot 60 Ribu Wisatawan

0
297

Luar biasa.Animo masyarakat untuk berkunjung ke Telaga Sarangan selama Hari Raya Idul Fitri,hingga kemarin(4/9)atau hari terakhir liburan Lebaran, mencapai sekitar 60 ribu.Data Dinas Pariwisata,Kebudayaan,Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora),hingga Sabtu malam,jumlah wisatawan mencapai 50.200 orang.Sedangkan pada hari libur terakhir kemarin,diperkirakan mencapai sekitar 10 ribu.
”Liburan sekolah kan masih sampai tanggal 8 September,kami prediksi juga masih ramai,meski banyak pemudik yang balik ke asalnya.Jadi jumlah wisatawan yang ke Sarangan bisa lebih banyak,”kata Kepala Disparbudpora iran kepada koran ini kemarin(4/9).

Menurut dia,Disparbudpora akan menggelar hiburan khusus pada 18 September 2011 mendatang.Yakni,pentas dangdut dan campursari.”Untuk lebaran ini,kami tidak menyelenggaran hiburan tambahan.Karena,tidak ada hiburan pun,Sarangan sudah sangat padat,”ujarnya.

Meski tidak ada hiburan apapun,kata Siran,ternyata Sarangan masih mampu menyedot minat wisatawan. Buktinya,akses menuju telaga sempat macet.Yakni,mulai dari arah Plaosan,atau di sekitar Koramil setempat.

Khusus liburan lebaran ini,Disparbudpora memang memindah pintu tiket masuk.Dari sekitar telaga,ke Plaosan di sekitar Koramil.”Kami minta maaf bila jalanan dari Plaosan hingga Sarangan macet,karena jumlah wisatawan memang membeludak,”kata Siran.

Di sisi lain,kalangan LSM Magetan mengkritik pengelolaan portal di kawasan Plaosan.Disparbudpora sudah harus mengkaji ulang dengan pemberlakuan portal di Plaosan atau di dekat Koramil tersebut.”Macetnya luar biasa.Disparbudpora harus segera mencari solusi agar tahun depan tidak macet lagi.Kalau portal ditaruh di Plaosan,terkadang ada warga yang sebenarnya tidak ke Sarangan pun terkena tiket,”kata Beni.

Pengenaan portal tiket masuk Sarangan di Plaosan itu juga merugikan.Sebab,ada sebagian pemudik yang tidak ke Sarangan tapi dikenakan tiket.”Pemudik itu maksudnya mau balik ke kota asal dan lewat jalan tembus menuju Karanganyar,”kata Beni.(rif/isd)
radarmadiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here