Sekdakab Tepis Anggaran Rp 35 M

0
295

Selisih anggaran di RAPBD 2010 yang mencapai Rp 35 miliar dibantah keras Sekdakab Magetan Warsito. Ketua tim anggaran Pemkab Magetan ini menyatakan angka yang tertuang dalam KUA/PPA masih sama dengan sebelumnya. “Siapa yang bilang ada selisih? Tak ada itu, DAU kita tetap,” ungkapnya.

Warsito mengaku tak mengetahui bagaimana dewan bisa menyimpulkan adanya selisih anggaran sampai Rp 35 miliar. Apalagi kalau ditujukan pada pos dana Silpa, PAD dan sebagainya. “Saya sudah jelaskan itu bahwa selisih tersebut tidak pernah ada. Semuanya ya seperti yang tertera dalam KUA/PPA,” tandasnya.

Menurut Warsito, kekuatan anggaran Pemkab Magetan tahun 2010 memang menurun dibandingkan tahun lalu. Tahun depan hanya sekitar Rp 90-an miliar saja dana yang bisa masuk pos belanja publik. Walaupun Dana Alokasi Umum (DAU) dari pusat naik dari Rp 489 miliar di tahun 2009 menjadi Rp 503 miliar lebih di tahun 2010. Tapi dari sektor lain menurun. “Total anggaran Magetan tahun 2010 ya hanya sekitar Rp 657 miliar lebih,” kata Warsito.

Angka itu memang jauh berkurang dari jumlah anggaran tahun 2009 yang menembus angka Rp 752 miliar sebelum terkurangi belanja pegawai. Kekurangan dana belanja publik ini, jelas Warsito akan dicoba disiasati dengan melobi pemerintah pusat untuk mengucurkan program. “Kita berharap ada tambahan pembiayaan untuk beberapa proyek yang tengah direncanakan di Magetan,” jelasnya. .

Sekdakab Warsito juga mengakui dalam beberapa bulan ini sudah menyodorkan berbagai proposal ke pusat. Bahkan mencoba menjalin komunikasi pada beberapa departemen. “Namun sampai kini belum ada yang ditanggapi,” jlentrehnya.

Sebelumnya, soal draft KUA/PPA dari tim anggaran Pemkab Magetan sempat disoroti DPRD. Diantaranya karena beberapa paparan tidak jelas tolok ukurnya. Selain itu pemkab juga dianggap memiliki posisi tawar yang rendah dengan pusat. Sehingga hanya mampu mendapatkan peningkatan DAU sekitar Rp 14 miliar. Padahal kebutuhan pegawai di tahun 2010 di Magetan meningkat sekitar Rp 24 miliar lebih. (ari/tya)

jawapos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here