Tutorial Membuat Blog di WordPress

2
373

logo-wordpressUntuk membuat sebuah blog tidak syaratnya cuma satu, yaitu kita harus punya email dahulu (yang belum punya email hayo buat dulu ya 🙂 ). Oke langsung saja ke TKP.

Pada browser ketikkan http://wordpress.com, kemudian akan masuk di website penyedia blog gratisan wordpress. Kemudian klik Sign Up Now.

wp-1

Setelah Sign Up di klik maka akan keluar form yang harus kita isi, diantaranya adalah username, password dan email. Seperti Gambar dibawah ini.

proses-pendaftara-blog-di-wordpress

Setelah itu klik Next untuk melanjutkan.

wp-4

Pada isian ini silahkan memasukkan alamat blog yang diinginkan di option Blog Domain dan Domain Titlenya. Sebagai contoh disini dituliskan cahmagetan.wordpress.com dan blog titlenya Sebuah Diary Perjalanan Hidup, kemudian di option Language silahkan cari yang berbahasa Indonesia biar lebih mudah untuk mempelajarinya :-). Beri tanda centang pada option Privacy. Kemudian klik SignUp.

wp5

Keluar halaman supaya kita melihat email untuk mengaktifkan pendaftaran. Disitu juga ada pilihan untuk mengisi biodata, tapi itu bisa di abaikan dahulu karena bisa dilakukan nanti. OK..sekarang buka emailnya ya? Lanjut ? Lanjuuut mang… 😛

wp-email-1

Lihat di inbox email, ada pesan dari Tim WordPress. Buka Pesan tersebut oke ?

wp-email-2

Didalam pesan tersebut kita di haruskan mengklik (halah mengklik i bahasa ndi neh hehehe) untuk mengaktifkan account kita. Oke monggo di klik aja yang di lingkari merah itu.

account-aktif

Waduh gambare kekecilan kayake :-). Nah maka akan tampil seperti diatas ini, berarti account kita sudah aktif (minum kopi dulu atau es dulu juga boleh hehehe). Yang perlu dicatat dan di inget adalah username dan password kita seperti yang tampil di atas. Karena itu digunakan untuk mengedit blog kita nanti (so jo lali loh 🙂 ). Berikutnya klik login yang berada di bawah untuk masuk ke dashboard.

sign-up-wp

Nah isikan Username dan Passwordnya tadi oke. Klik Log in.

pilih-theme

Nah kita sudah masuk di halaman Dashboard. Di Dashboard inilah nanti untuk mengatur ataupun untuk menulis postingan kita. Selanjutnya tarik kebawah, lihat dibagian kiri dashboard, terdapat banyak menu, pilih Tampilan atau yang tadi masih memilih bahasa inggris pilih Appearance. Kemudian klik Tema/Theme. Nah dihalaman Theme atau Tema tadi, wordpress sudah menyediakan puluhan theme yang bisa digunakan. Silahkan pilih salah satu. Kalau sudah klik salah satu pada theme yang diinginkan/dipilih.

aktif-theme

Untuk mengaktifkan theme/tema yang dipilih klik dipojok kanan atas seperti yang terlihat digambar. Oke…

lihat-website

Untuk melihat theme/tema yang kita pilih tadi klik kanan di kunjugi situs kemudian pilih open in the new tab (kalau browsernya pakai mozilla).

blog-jadi-deh

Selamat..selamat..congratulation akhirnya udah jadi deh blognya 😛 . Selamat mencoba ya…

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here